Senin, 19 Oktober 2009

PERKEMBANGAN PERADABAN BAHASA INDONESIA HINGGA DI DUNIA


Bahasa merupakan media untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu orang kepada orang lain atau lebih. Baik itu secara lisan maupun tulisan. Dalam kehidupan sehari-hari kita harus menggunakan bahasa baik dalam bahasa tulisan, bahasa lisan maupun bahasa tubuh.

Setiap bangsa pasti memiliki bahasa yang dipergunakan dalam berbicara, tetapi ada juga beberapa bangsa yang meminjam bahasa dari negara lain. Kita sebagai bangsa Indonesia sangat beruntung memiliki bahasa sendiri, yaitu bahasa Indonesia. Walaupun kita memiliki suku bangsa yang berbeda-beda, dengan adanya bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dapat menyatukan perbedaan tersebut. Ini menunjukkan bahwa bangsa Indonesia sanggup mengatasi perbedaan tersebut dan memiliki kebanggaan sendiri bagi bangsa Indonesia.

Kita juga harus bangga terhadap bahasa Indonesia karena tidak semua bangsa di dunia ini yang mempunyai bahsa nasional yang dipakai secara luas dan dijunjung tinggi. Hal ini juga sudah di ikrarkan dalam Sumpah Pemuda yang salah satu diantaranya “Menjunjung tinggi bahasa persatuan, bahasa Indonesia”. Artinya kita harus menaati, memuliakan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional Indonsia. Demikianlah juga yang diikrarkan oleh para pemuda-pemudi bangsa Indonesia tahun 1928. Apakah saat ini pemuda-pemudi memakai bahasa Indonesia dengan baik dan benar?

Melihat kondisi saat ini, kenyataannya para pemuda-pemudi lebih malas memakai bahsa Indonesia yang bai dan benar sesuai dengan EYD. Mereka lebih menyukai bahasa yang mudah di ucapkan bahkan mereka mencampur-campur bahasa yang digunakan dengan bahasa inggris, bahasa daerah maupun bahasa gaul saat ini. Para pemuda-pemudi saat ini hanya mementingkan kata yang diucapakan itu paham dan mengerti apa yang sampaikannya kepada orang lai tanpa mengindahkan aturan dan kaidah bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia harus lebih diutamakan sebagai penuturan dalam kehidupan sehari-hari dan kita harus bersikap positif terhadap bahasa Indonesia, karena bahasa yang kita gunakan menunjukkan kepribadian kita, dapat mengidentifikasi diri sebagai suatu bangsa yaitu sebagai bangsa Indonesia dan kita terlihat lebih terpelajar dan berwibawa di mata dunia. Bahasa Indonesia merupakan satu-satunya bahasa yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan akan bahasa seragam atau dengan kata lain sebagai bahasa nasional oleh semua suku-suku yang ada di Indonesia dan dapat dimengerti oleh masyarakat luas. Apabila tidak bahasa Indonesia, maka bangsa Indonesia dengan keanekaragaman suku bangsa akan menghadapi berbagai masalah perpecahan bangsa, terutama dalam masalah berkomunikasi.

Bahasa Indonesia berpotensi menjadi bahasa dan sastra yang akan digunakan di dunia apabila masyarakat Indonesia mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar sesuai dengan EYD di kehidupan sehari-hari maupun di dunia. Akan tetapi karena faktor globalisasi faktanya banyak masyarakat yang sudah menggunakan bahasa asing dalam keseharian dan meninggalkan bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena ada pernyataan bahwa bahasa asing patut dipergunakan.

Bagaimana kita mau menjadikkan bahasa Indonesia menjadi bahasa Internasional atau diposisikan sejajar dengan bahasa asing lainnya?

Faktanya saja masyarakat lebih menyukai bahasa gaul, bahasa asing bahkan mencampurkan kedua bahasa tersebut dikehidupan sehari-hari. Ini juga terlihat dari berbagai informasi yang ada di Televisi disiarkan tidak menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, didunia pendidikan maupun di dunia kerja menerapkan bahasa asing daripada bahasa Indonesia, terdapat kursus-kursus bahasa asing sedangkan bahasa Indonesia tidak ada kursusnya belum lagi orang tua kita lebih senang melihat anaknya menguasai bahasa asing daripada mendalami bahasa Indonesia.

Padahal, bahasa Indonesia sama baiknya dengan bahasa asing, bahkan bahasa Indonesia telah lama siap menghadapi era globalisasi seperti pada saat ini. Karena adanya perubahan situasi tindak tutur kata mempengaruhi terhadap perkembangan kosakata bahasa Indonesia yang diserap sebagian besar berasal dari bahasa daerah dan asing. Bahkan bahasa Indonesia sangat istimewa dibandingkan dengan bahasa lainnya di dunia.

Tapi mengapa generasi muda mengatakan lebih sulit mempelajari bahasa Indonesia dibandingkan dengan bahasa Inggris?

Generasi muda hanya berpikir bahwa kita lahir di Indonesia, sudah dapat menguasai bahasa Indonesia tanpa harus mempelajarinya lebih dalam lagi. Bagi mereka mempelajari bahasa Indonesia sangat sulit, susah dan malas. Pernyataan tersebut sangat tidak baik dan tidak perlu kita tiru.

Sebenarnya bahasa Indonesia itu mudah dari pada bahasa lain di dunia ini. Bahasa Indonesia tidak memiliki vocabulary atau tingkatan kata seperti bahasa Inggris. Contohnya apabila ada kejadian yang telah terjadi pada hari kemarin, lusa ataupun sekarang tidak memiliki perubahan atau kosakata bahasa Indonesia tetap sama. Tidak seperti bahasa Inggris, bahasa arab menggalami perubahan.

Namun kenyataanya bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah mulai ditinggalkan oleh para generasi muda saat ini. Bahkan masyarakat banyak yang merubah kosakata bahasa Indonesia menjadi lebih gaul bahkan diplesetkan. Sungguh ironis bahasa Indonesia saat ini, mereka telah melupakan apa yang telah diperjuangkan oleh para pemuda-pemudi kita yang telah membela mati-matian untuk mempertahankan Indonesia yang telah tercetus dalam ikrar SUMPAH PEMUDA.

Percayakah bahasa Indonesia banyak dipelajari oleh Negara lain?

Setelah saya cari informasi di sebuah situs internet ternyata bahasa Indonesia sudah banyak dipelajari oleh warga Negara lain contohnya warga Negara Australia. Disitus tersebut mereka mengatakan mepelajari bahasa Indonesia karena mereka sangat tertarik dengan budaya bangsa Indonesia dan ingin memperdalam pengetahuan akan Indonesia dengan mempelajari bahasa Indonesia. Dari pernyataan tersebut seharusnya kita malu terhadap diri kita sebagai warga Negara Indonesia karena kita sebagai warga Negara Indonesia tidak mempelajari, tidak memperdalam dan tidak ada ketertarikan terhadap bahasa Indonesia, kebudayaannya, pengetahuan bangsa Indonesia. Bahkan kita telah meninggalkan bahasa Indonesia melainkan memilih menggunakan bahasa asing dan bahasa gaul.

Setelah melihat beberapa fakta tersebut bukan hal yang mustahil apabila bahasa Indonesia menjadi bahasa yang dipakai oleh seluruh penjuru warga di dunia.Untuk mempelajari bahasa Indonesia tidaklah sulit seperti yang telah dipikirkan banyak orang sekarang ini. Sudah terbukti banyak warga Negara lain mau mempelajari bahkan sudah menjadikan bahasa Indonesia dalam satu mata pelajaran bahasa di sekolah mereka.

Perekonomian kita saja sudah dikuasai oleh pihak asing, apabila kita juga ingin membiarkan bahasa asing menguasai bahasa Indonesia dan masyarakat meninggalkan bahasa Indonesia, maka lambat laun bahasa Indonesia tentu akan tergerogoti dan tercabut dari akar budayanya. Untuk itu kita tidak ingin melihat bahasa asing merusak bahasa Indonesia.

Kita harus merubah ini semua dari mulai keluarga, kita terapkan kepada anggota kelurga untuk menggunakan, mempelajari dan memperdalam bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya keluarga, disekolah-sekolah,dikantor bahkan di lingkungan masyarakat diharapkan bersama-sama mempromosikan untuk mempelajari, mendalami dan meggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar agar akrab di telinga masyarakat Indonesia bahkan di dunia.

Kita haruslah bangga sebagai pemilik bahasa Indonesia karena bahasa Indonesia telah dipelajari oleh bangsa lain.

Kita tidak ada alasan lagi untuk tidak bangga terhadap bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan yang akan kita pergunakan dalam kehidupan sehari-hari. Agar bahasa Indonesia dapat menjadi bahasa Internasional di dunia.

Kalau bukan kita sendiri sebagai warga Negara Indonesia, sapa lagi yang ingin memajukkan bahasa Indonesia untuk di pergunakan di seluruh penjuru dunia.

Marilah dari sekarang kita menerapkan mempergunakan, mempelajari, mendalami bahasa Indonesia, kebudayaan dan pengetahuan Indonesia di kehidupan sehari-hari.

Cintailah kebudayaan Indonesia, produk-produk buatan asli Indonesia.

Hidup menggunakan bahasa Indonesia dan bangga terhadap bangsa Indonesia!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar